Senin, 31 Januari 2011

Tips Sebelum Manggung ( live performance )

Posted by ProphetikBlessing 07.00, under | 1 comment

Live performance bagi sebuah band akan sangat mempengengaruhi karier band itu, namun hal itu akan sangat dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu :
1.Event Event yang bergengsi pasti akan menarik massa yang banyak, otomatis itu peluang bagus untuk nampilin diri kalian disana .
2. Sound Meski event besar namun bila sound system yang dipakai belum bisa memaksimalkan performa band kalian, percuma saja. Nah disinilah dibutuhkan sound engineer agar bisa menangani dan mengakali


performa band kalian. akan lebih baik bila kalian melakukan sound check (ini sebetulnya kewajiban sebelum live performance lho) .
3. Waktu Kebanyakan manggung malam hari lebih menarik massa banyak daripada siang ataupun pagi, dan juga main pertama atau akhir akan sangat mempengaruhi penonton. Oleh karena itu antara band dan EO mesti banyak berkompromi, dan inilah tugas sang manajer band. Lalu tips sebelu manggung, yaitu segala sesuatu yang mesti dipersiapkan :

1.Persiapan individual
* Drummer Bagi seorang drummer stik mesti memiliki cadangan minimal 2 pasang, atau lebih baik jika 1 pasang sebanding dengan jumlah lagu yang dibawakan. Dan juga mesti memilik softcase stik untuk menyimpan stik saat tampil.
* Gitaris Ada baiknya membawa guitar cadangan, bilamana satu gitar mengalami putus senar atau gangguan tehnis lainnya. yang lebih baik membawa pick secukupnya. Dan periksa Batrei wirelees bila menggunakan wireless. untuk pemain gitar mesti melihat kapasitas listrik yang akan dipakai saat performance, jika kurang maka fx yang digunakan mesti menggunakan stabilizer ataupun baterai saja. Periksa kabel yang akan digunakan.
* Bassis Ada baiknya membawa bass cadangan atau membawa kabel cadangan.
* Vocalist Banyak beristirahat lebih baik, usahakan perbanyak minum air putih, jangan biasakan begadang sebelum manggung.

2. Songlist Songlist ini berupa kertas dengan ukuran yang cukup(a4) untuk masing-masing personil yang berisikan daftar lagu yang akan dibawakan secara berurutan.
3. Kostum Kostum ini akan sangat mempengaruhi karakter band kalian, setiap orang akan mudah mengenali sesuatu jika memiliki perbedaan dengan yang lainnya. jadi buatlah semenarik dan senyaman mungkin.
4. Konsep Semua pertunjukan band rata-rata sama, yaitu masuk lalu ngucapin salam and nyanyi deh, apa indonesia nggak bosen liat yang kayak gitu terus. Coba deh kalian kasih suat penyegaran ke penonton semacam, matiin dulu lampu masuk pemain membawa lilin sambil menyanyikan lagu slow dan semua instrument satu persatu berjalan seiring dengan lampu redup menjadi terang.
5. Berdoa Ini paling penting lho....
Selamat mencoba!!!

1 komentar:

wahh terimakasih mas tipsnya.saya sengaja browsing di internet masalah tips sebelum manggung,abisnya kmaren pngalaman pertama saya manggung pake gitar dan saya bnar2 ga tau mengatasi prmasalahan sound gitar saya,thanks mas udah sharing :)

Posting Komentar

Tags

Pengikut


ShoutMix chat widget